Menjadi Full Time Mom Buat Kian

Setelah menikah, udah ga ada yang nanyain lagi “kapan nikah?” (Yaiyalah!).. berganti jadi “Waa kok kayaknya gendutan nih.. jangan-jangan..” atau “Udah isi belum?”.. Saya sempet sepet sih denger pertanyaan itu, apalagi kalo yang nanya orang itu itu lagi.

Tapi memang bener ya kata orang, pasti dikasih pada saat yang tepat. Dan Kian bener-bener hadir di saat yang tepat!.. saat saya sudah lulus, sebulanan setelah wisuda Kian hadir. Kebetulan waktu itu (bulan Januarinya) juga saya masih bekerja di sebuah start up di Depok, yang mana saya harus naik turun tangga ke/dari lantai 4.. kebayang dong kalau lagi hamil muda pasti resikonya gede. Ga lama saya resign, karena pekerjaannya lumayan membosankan (alias saya lebih banyak gabutnya). Saat itu saya mendapat tawaran untuk bekerja di rumah (work at home) pada sebuah perusahaan yang kantor pusatnya di Australia, dan saya akhirnya deal untuk bekerja pada akhir Januari. Oiya, saya sebenernya juga ada pekerjaan sampingan sejak bulan Juli 2017 (sebulan sebelum menikah) sebagai Social Media Evaluator.. ya saya menjalani 2 pekerjaan yang ga perlu ngantor jauh-jauh (work at home) pada akhir Januari.

Tak lama, di bulan Maret (Awal Maret) setelah ulang tahun saya yang ke-28.. saya akhirnya hamil. Minggu pertama kehamilan, masih biasa aja, ga ada muntah ga ada pusing, kerjaan lancar. Sempet mbatin, “ih kok enak ya hamil ga ada mual-mual sama sekali”, eh sehari dua hari abis mbatin itu badan lemah lesu mual ga nafsu makan. Saya beberapa kali ijin kerja, karena bener-bener lemes dan ga bisa makan, cuma pengen rebahan.. lama-lama ngerasa ga enak, karena baru sebulan masuk udah beberapa kali ijin, akhirnya dengan berat hati saya memutuskan resign. Kalau saya cerita gini pasti ada yang mbatin.. elaah kerja work at home udah enak gitu malah resign! Hmm emang sih ya work at home, tapi jangan dikira bisa santai gitu.. justru menurut saya pekerjaan saya yang “work at home” itu lebih ga santai dari yang ngantor karena saya start kerja jam 5 pagi ( nyesuaiin sama jam kerja di Australia) & yang agak bikin tertekan tuh ada tools gitu buat ngerecord activity kita, trus yang pasti ga ada tuh ngopi-ngopi & maksi bareng temen kantor (yaiyalah!)… tiap kerjaan ada plus minusnya lah ya.

Akhir maret saya resmi nganggur.. tapi ga nganggur-nganggur amat sih, karena saya masih punya sampingan (yang gajinya cuma bisa buat bayar listrik sama paket data + jajan cilor doang sih tapi mayan lah ya). Di Bulan Agustus, kontrak saya dengan kerjaan sampingan saya ini habis… Karena ga nyampe 3 bulan bakal lahiran, saya memutuskan untuk ga cari kerjaan dulu sampai melahirkan. Kali ini, saya resmi jadi ibu rumah tangga.

Tapi tapi.. setelah melahirkan saya belum juga beniat cari kerjaan lagi, sampai saat ini usia Kian 6 bulan saya masih belum ada apply kemana-mana. Terbesit keinginan untuk jualan apa gitu yang bisa disambi momong Kian, yaa tapi banyak juga pertimbangan yang bikin keinginan tersebut belum berjalan. Apalagi makin kesini saya makin ga tega buat ninggalin Kian.

Menjadi full time mom buat kian, mungkin bisa dibilang ini yang sekarang saya inginkan.. Duluu saya tidak pernah membayangkan saya akan bisa menjaga bayi selama 24 jam seminggu non stop, karena dulu saya biasa aja gitu kalau liat bayi ( cenderung ga bisa momong sih). Semenjak kehadiran Kian ke Dunia, saya sedikit-sedikit belajar, sampai sekarang pun masih belajar. Kata orang sih saat bayi lahir, terlahir jugalah seorang ibu.. well, bener sih jiwa keibuan saya mulai tumbuh seiring dengan adanya Kian. Mungkin saat ini adalah versi terbaik dari diri saya, karena saya mulai belajar banyak hal, terutama tentang kesabaran.

Yang terberat saat menjalani status as a full time mom mungkin adalah menghadapi rasa “kesepian”.. mungkin ini ya alasan ibu-ibu update status di facebook trus ngetag suami minta liburan atau ngode-ngode ga jelas. Wk. Sebisa mungkin jangan ya, jangan di taroh di status lah, ngomong langsung aja gitu. Tapi saya mungkin termasuk ibu-ibu yang suka update milestone anak ke instagram, hmm sebenernya viewer bener-bener saya pilih sih kan udah bisa disetting tuh! Lumayan ya buat menyimpan momen & biar memori hape ga kepenuhan. Trus lumayan juga sih kalau ada yang tiba-tiba komen jadi ngobrol, trus jadi curhat deh! Gosip deh! Dasar buibu!

Leave a comment